Senin, 17 Juni 2013

MATERI KELAS X SEMESTER I KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP



KLASIFIKASI MAHLUK HIDUP
Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari bab ini diharapkan siswa dapat:
§  Merumuskan arti sistem klasifikasi.
§  Menguraikan tujuan klasifikasi.
§  Menjelaskan proses klasifikasi berdasarkan persamaan dan perbedaan.
§  Merancang kunci determinasi berdasarka objek biologi yang diamati.
§  Membuatklasifikasi untuk mehluk hidup.
SISTEM KLASIFIKASI
Setiap spesies tumbuhan maupun hewan terdiri dari sejumlah individu sehingga seluruh spesies terdiri dari berjuta-juta individu. Antara satu spesies dengan spesies lain terdapat perbedaan antara lain ukuran, umur, bentuk tubuh, pola warna, jenis kelamin dll.
Oleh karena banyaknya keanekaragaman yang begitu besar. Para ilmuan biologi mengembangkan suatu sistem yang memudahkan kita untuk mempelajari mengenai mahluk hidup. Sistem tersebut dikenal dengan sistem klasifikasi.
Sistem klasifikasi mahluk hidup dikelopokkan secara sistematis dan bertahap.
§  Cabang ilmu biologi yang mengkaji pengelompokkan mahluk hidup disebut Taksonomi.
§  Sistem klasifikasi mahluk hidup pertama kali dipelopori oleh Carolus Linnaeus pada abad ke 18.
§  Pengelompokannya berdasarkan persamaan ciri dan pemberian nama dengan sistem tata nama ganda

Macam-macam klasifikasi
§  Klasifikasi Sistem Alami.
Yaitu pengelompokan mahluk hidup berdasarkan persamaan dan perbedaan cirinya. Cara pengelompokan berdasarkan ciri morfologi, anatomi dan fisiologi.
§  Klasifika Sisistem Filogenik.
Yaitu pengelompokan mahluk hidup berdasarkan sejara evolusi suatu mahluk hidup.
§  Klasifikasi Sistem Buatan.
Yaitu pengelompokan mahluk hidup berdasarkan persamaan ciri morfologi yang mudah dilihat.
§  Kegiatan pengelompokan mahluk hidup akan menghasilkan kelompok-kelompok takson (jamak = taksa).
§  Banyak dan sedikitnya persamaan atau perbedaan ciri angota suatu kelompok mahluk hidup akan menentukan jenjang takson dan juga menunjukan jenjang kekerabatan
Urutan jenjang takson mulai dari yang tinggi sampai yang terendah adalah:
§  Spesies
§  Genus
§  Famili
§  Ordo
§  Kelas
§  Filum
§  Kingdom

SISTEM TATANAMA MAHLUK HIDUP
§  Penggunaan nama dengan bahasa yang tidak dimengerti secara luas dapat menimbulkan kebingungan dalam berkomunikasi.
§  Untuk memudahkan berkomunikasi antar ilmuan biologi mengenai jenis mahluk hidup diperlukan sistem tata nama.
§  Sistem tata nama terdiri dari dua bagian yaitu sebagai nama genus dan sebagai penunjuk spesies (tata nama ganda/ninomial nomercluture.
§  Sistem tata nama ganda juga memasukkan singkatan nama orang yang pertama kali mengidentifikasi suatu spesies mahluk hidup.
§  Contoh sistem tata nama ganda adalah : pisang dengan nama ilmiah Musa paradisiaca L.
§  Nama genus Musa, mana spesies paradisiaca, pengidentifikasi pertama kali oleh Linneus (disingkat L.)
Aturan Penulisan Nama Ilmiah
§  Nama genus dimulai dengan huruf besar.
§  Nama petunjuk spesies dimulai dengan huruf kecil.
§  Kedua nama diatas digaris bawahi jika ditulis dengan tangan/ditulis miring jika diketik menggunakan komputer.
§  Mana penemu ditulis dengan singkatan/ditulis lengkap dibelakang nama petunjuk spesies.
§  Nama penemu ditulis dengan huruf besar dan tidak digaris bawahi/tidak dicatak miring.


MANFAAT MEMPELAJARI KLASIFIKASI
§  Mengenal berbagai spesies mahluk hidup meliputi ciri-ciri, hubungan kekerabatan dan interaksi antar mahluk hidup.  Pengenalan berbagai spesies sangat penting bagi manusia. Contoh mengutahui ciri-ciri bibit unggul. Ini sangat penting bagi pada petani dan peternak.

BEBERAPA ALTERNATIF SISTEM KLASIFIKASI
Mahluk hidup dikelompokkan berdasarkan kriteria tertentu. Dalam kehidupan sehari-hari kita mengetahui beberapa pengelompokkan mahluk hidup berdasarkan kriteria sederhana.

SISTEM KLASIFIKASI TIGA KINGDOM
§  Muncul setelah adanya mikroskop. Mikroskop mengungkap adanya mahluk hidup renik (mikroorganisme) bersel satu (uniseluler) atau bersel banyak. (multiseluler).
          Mahluk hidup tersebut dikelompokkan :
§  Kingdom Protista
§  Kingdom Plantae
§  Kingdom Animalia

SISTEM KLASIFIKASI EMPAT KINGDOM
Muncul setelah berkembangnya teknik dan alat penelitian yang lebih canggih. Salah satu alat tersebut adalah mikroskop elektron, yang dapat mengungkap struktur ulter mikroskopoksel mahluk hidup, misalnya ada tidaknya membran inti. 
Sistem klasifikasi empat kingdom terdiri dari:
§  Kingdom Monera
§  Kingdom Protista
§  Kingdom Plantae
§  Kingdom Animalia.

SISTEM KLASIFIKASI LIMA KINGDOM
§  Pada sistem klasifikasi lima kingdom, jamur dipisah dari kingdom plantae berdasarkan ciri struktur sel dan cara memperoleh makanannya. Jamur dikelompokkan kedalam kingdom Fungi
Sistem klasifikasi lima kingdom terdiri dari:
§  Kingdom monera
§  Kingdom protista
§  Kingdom fungi
§  Kingdom plantae
§  Kingdom animalia
SISTEM KLASIFIKASI ENAM KINGDOM
§  Selama bertahun-tahun para ilmuan biologi meneliti kelompok mahluk hidup yang disebut Archaebacteria. Archaebacteria memiliki ciri-ciri yang unik, berbeda dengan bakteri dalam kingdom monera. Archaebacteria lebih mendekati mahluk hidup eukariot.
Adanya Archaebacteria, memunculkan klasifikasi enam kingdom:
§  Eubacteria
§  Archaebacteria
§  Protista
§  Fungi
§  Plantae
§  Animalia
IDENTIFIKASI ATAU DETERMINASI
          Identifikasi (determinasi) ciri-ciri khas hewan atau tumbuhan adalah menetukan nama hewan atau tumbuhan dengan benar dan menempatkannya dalam sistem klasifikasi hewan dan tumbuhan.
Jika kita memilih suatu jenis tumbuhan atau hewan yang akan diidentifikasi, hal yang pertama yang harus dilakukan adalah mempelajari tumbuhan itu dengan sebaik-baiknya. Semua sifat morfologi perlu dianalisa sehingga ciri-ciri tumbuhan atau hewan tersebut dikuasi sepenuhnya.
§  Langkah berikutnya adalah mencoba membandingkan atau menyamakan ciri tumbuhan atau hewan yang dimaksud dengan ciri-ciri tumbuhan atau hewan lain yang sudah dikenal identitasnya.
§  Misalnya dengan menggunakan cara berikut:

§  Ingatan
          Determinasi dilakukan berdasarkan pengetahuan atau ingatan kita tentang tubuhan atau hewan yang dikenal sebelumya.
§  Bantuan orang lain
          Determinasi dilakukan dengan meminta bantuan para ahli.
§  Spesimen acuan
          identifikasi dilakukan dengan membandingkan secara langsung dengan spesimen acuan yang biasanya telah diberi etiket bertuliskan namanya. Spesimen dapat berupa koleksi kering atau koleksi basah.
§  Pustaka
          Determinasi dilakukan dengan membandingkan dengan atau mencocokan ciri tumbuhan atau hewan yang akan diidentifikasi dengan deskripsi serta gambar-gambar yang ada dalam pustaka. Misalnya dengan menggunakan kunci determinasi atau kunci identifikasi
§  Komputer
          Perkembangan teknologi dibidang komputer dan biometrika berhasil menciptakan suatu program komputer yang dapat menyimpan, mengolah dan memberikan kembali keterangan tentang tumbuhan atau hewan. Oleh karena itu, determinasi hewan atau tumbuhan dapat dilakukan dengan bantuan komputer.
KUNCI IDENTIFIKASI
Penggunaan kunci identifikasi merupakan cara yang paling sering digunakan untuk mengidentifikasi tumbuhan maupun hewan, terutama bagi yang tidak memilih spesimen acuan.
Identifikasi dengan kunci identifikasi harus dilakukan secara bertahap, karena setiap kunci identifikasi memiliki keterbatasan kemampuan berbeda.
          Ada kunci yang mengidentifikasi sampai famili, genus atau sampai spesies.
Format pada kunci identifikasi biasanya dikotom yang sering dikenal dengan kunci dikotom.
Kunci dikotom merupakan kunci identifikasi dengan menelusuri dua jalur yang ditetapkan oleh keputusan beraturan dengan setiap pilihannya adalah biner (karena hanya ada dua alternatif).
Kunci dikotom terdiri dari sederetan bait atau kuplet yang diberi nomor dan setiap bait terdiri dari dua baris yang disebut penuntun. Penuntun berisi ciri-ciri yang bertentangan antara satu dengan yang lain dan ditandai dengan huruf. Ciri tersebut disusun sedemikian rupa sehingga selangkah-demi selangkah pemakaian kunci identifikasi memiliki satu diantara dua dan beberapa sifat yang bertentangandan seterusnya, yang akhirnya ditemukan satu identitas.
Contoh pembuatan kunci identifikasi
1.        a. Daun tunggal ………………...2
          b. daun majemuk ………………4
2.       a. Bangun daun bergaris ………Rumpur
          b. bangund daun lebar ………...3
3.                 a. Tepi daun bergerigi …………Kembang                                                             sepatu
          b. tepi daun bercangap ………..Kentang
4.       a. Daun dengan tujuh helai anak daun: kapuk
   b. Daun dengan lebih dari tujuh helai anak daun:
5.       a. Anak daun duduk pada ibu tangkai daun: mahoni
b. Anak daun duduk pada pada cabang tingkat satudari ibu tangkai daun:         kembang merak
Sekian & Terima Kasih
Semoga Bermanfaat
134LT45412
(BALTASAR AHA,S.Pd.)

2 komentar: