RUANG LINGKUP BIOLOGI
Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari bab ini diharapkan siswa dapat:
- Menjelaskan perngetian biologi.
- Menjelaskan cabang-cabang biologi.
- Menentukan cabang biologi yang sesuai untuk mengkaji suatu objek biologi.
- Membandingkan objek dan permasalahan biologi pada berbagai tingkat organisasi kehidupan.
- Menggali contoh permasalahan biologi pada berbagai tingkat organisasi kehidupan.
- Mengetahui manfaat biologi
- Melakukan kerja ilmiah sesuau dengan metode ilmiah.
Biologi merupakan bidang
ilmu yang luas dan bagian dari ilmu pengetahuan alam. Kriteria pemilahan cabang ilmu biologi
berdasarkan, tingkat organisasi kehidupan, kelompok organisme, aspek
kehidupan/kaitannya dengan ilmu lain. Berdasarkan tingkat organisasi kehidupan,
biologi mencakup berbagai bidang ilmu yang mengkaji kehidupan dari tingkat
molekul hingga tingkat bioma. Cabang ilmu berdasarkan tingkat organisasi
kehidupan adalah biolog molekuler, biokimia, sitologi, histologi, anatomi.
n Biologi
perkembangan, mengkaji kehidupan pada tingkat individu.
n Biologi
populasi, biogeografi, genetika populasi, mengkaji kehidupan pada tingkat
populasi.
n Ekologi,
ilmu lingkungan, toksikologi, biologi kelautan, limnologi, mengkaji kehidupan
pada tingkat ekosistem.
n Biologi
tropis, mengkaji kehidupan pada tingkat bioma yaitu bioma tropis.
n Botani
mengkaji bryologi, pteridologi dan spermatophyta.
Zoologi
mengkaji entomologi, iktiologi, herpetologi, mamologi.
CABANG BIOLOGI BERDASARKAN ASPEK KEHIDUPAN
n Biologi
perkembangan mengkaji perkembangan individu organisme.
n Embriologi
mengkaji perkembangan embrio.
n Anatomi
mengkaji struktur internal organisme.
n Fisiologi
mengkaji fungsi-fungsi yang terjadi pada kehidupan organisme.
CABANG BIOLOGI YANG MERUPAKAN KELOMPOK CAMPURAN DAN TERAPAN
n Biokimia
mengkaji proses-proses kimia dalam sistem kehidupan.
n Biofisika
mengkaji proses-proses fisika dalam sistem kehidupan.
n Bioteknologi
mengkaji teknologi yang memanfaatkan organisme.
n Paleontologi
mengkaji perkembangan sejarah kehidupan berdasarkan catatan fosil.
OBJEK DAN PERMASALAHAN BIOLOGI
Berdasarkan tingkat organisasi
kehidupan, obejek biologi adalah kehidupan pada berbagai tingkat struktur.
Tingkat struktur kehidupan dari terendah hingga tinggi adalah; molekul, sel, jaringan, organ, sitem
organ, individu, populasi, komunitas, ekosistem dan bioma.
MANFAAT BIOLOGI
Bidang Pertanian dan Budidaya:
n
Dengan
perekayasaan genetika dapat menghasilkan bibit unggul untuk pertanian dan budidaya
(semangka tanpa biji, dll).
n
Dengan
teknik kultur jaringan pembudidayaan tanaman dapat dilakukan dengan waktu
singkat (budidaya anggrek dll).
Bidang Peternakan
n
Dengan
kemajuan ilmu biologi bidang anatomi hewan, fisiologi hewan, perekayasaan
genetik dan embriologi hewan, Telah terhasil ditemukan inseminasi buatan (kawin
suntik). Teknik ini untuk memperoleh hewan ternak dengan kwalitas yang
diinginkan serta prosuksi yang meningkat.
Bidang Kedokteran
n
Tranplatasi
(pencangkokan) organ. Pemecahan masalah bagi orang yang mengalami kerusakan
organ.
n
Virologi
mendasari pengetahuan dalam usaha menciptakan vaksin.
n
Teknik
bayi tabung. Pemecahan masalah bagi suami istri yang kesulitam mendapat
keturunan.
n
Mikrobiologi
mendasari pengetahuan dalam usaha menciptakan antibiotik.
Bidang Industri
n
Pemanfaatan mikroorganime dalam pembuatan
industri makanan (Nata de coco, Yoghert, kecap, tempe, keju, menuman
berfermentasi dll).
n
Pemanfaatan mikroorganime dalam industri
obat-obatan. Misalnya pembuatan antibiotik tertentu.
KERJA ILMIAH
Orang yang mempelajari biologi
disebut ilmuan biologi. Ilmuan biologi memperoleh pengetahuan tidak saja dengan
cara membaca, mamun juga menyelidiki organisme dan fenomena kehidupan secara
langsung. Penyelidikan dilakukan dengan cara sistematis, yang disebut metode
ilmiah dan disertai sikap ilmiah.
METODE ILMIAH
Metode ilmiah merupakan cara
atau tahapan tertentu yang harus dikerjakan oleh seorang ilmuan dalam melakukan
suatu penelitian.
Metode ilmiah terdiri dari beberapa tahapan yaitu :
n
Menemukan
masalah
n
Mengajukan
hipotesis
n
Melakukan
percobaan
n
Menentukan
alat dan bahan
n
Menentukan
variabel
n
Menarik
kesimpulan
SIKAP ILMIAH
Dalam melakukan penelitian
suatu objek atau kejadian ilmuan biologi haru bersifat ilmiah. Pola berpikir dan
bersifat ilmiah tersebut dapat bermanfaat dalam memecahkan masalah atau
fenomena-fenomena yang ditemui sehari-hari.
Sikap ilmiah yang harus dilakukan yaitu :
n
Dapat
membedakan atara fakta dan opini.
n
Berani
dan santun dalam mengajukan pertanyaan dan argumentasi.
n
Mengembangkan
rasa keingintahuan.
n
Berpendapat
secara ilmiah dan kritis.
n
Beranimengusulkan
perbaikan dan bertanggung jawab terhadap usulan tersebut.
n
Bekerja
sama.
n
Jujur
terhadap fakta.
n
Disiplin
dan teku
LAPORAN ILMIAH
Setelah melakukan metode ilmiah
hasil percobaan tersebut disusun dalam betuk laporan ilmiah. Laporan ilmiah
berisi penjelasan dalam bentuk uraian dan tulisan yang disampaikan dengan
jelas, tidak bertele-tele, sistematis, berdasarkan fakata.
Susunan laporan hasil percobaan terdiri dari :
n
Rumusan
masalah dan Hipotesi.
n
Tujuan.
n
Metode.
n
Hasil.
n
Pembahasan.
n
Kesimpulan.
Sekian & Terima Kasih
Semoga Bermanfaat
134LT45412
Semoga Bermanfaat
134LT45412
(BALTASAR AHA,S.Pd.)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar